Peluang Usaha di Pedesaan Bandung

Sosialisasi Peluang Usaha di Pedesaan Bandung

Peluang Usaha di Pedesaan Bandung – Sebenarnya jika ditangani lebih serius daerah pedesaan memiliki potensi besar untuk dikelola menjadi bidang usaha. Selain sumber daya manusia yang cukup memadai, sumber daya alam yang melimpah sangat mendukung keberlangsungan suatu jenis usaha. Ini tidak hanya berlaku untuk desa-desa tertentu namun mencakup seluruh desa di Indonesia, termasuk desa-desa di Bandung Jawa Barat. Artinya peluang usaha di pedesaan Bandung sebenarnya cukup prospektif mendatangkan income besar dengan catatan harus melalui tata kelola yang baik.

PELUANG USAHA BARU YG BAGUS DI KOTA BANDUNG Peluang Usaha di Pedesaan Bandung

Sosialisasi mengenai pentingnya pemanfaatan sumber daya alam perlu digalakkan untuk menciptakan pemahaman, serta pengetahuan tentang bagaimana mengolah sumber daya alam pedesaan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Dalam hal ini sangat dibutuhkan keterlibatan pihak-pihak yang berpengalaman baik swasta maupun instansi pemerintahan untuk memaksimalkan potensi yang ada. Hal ini penting untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas dalam pengelolaan sumber daya alam yang potensial.

Usaha Perkebunan dan Peternakan

Secara umum masyarakat pedesaan di Bandung masing-masing memiliki lahan kosong yang cukup luas. Tentu saja ini bisa dimanfaatkan untuk perkebunan untuk mengembangkan berbagai jenis tanaman. Ini tidak bisa dianggap remeh sebab sekali panen keuntungan bersih bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Tentunya tergantung dari luas lahan perkebunan. Jenis tanah perkebunan di pedesaan Bandung tergolong masih alami sehingga cocok untuk menanam berbagai jenis tanaman, buah-buahan, sayuran, hingga tanaman penghasil produk probiotik. Jadi perkebunan bisa dipastikan menjadi peluang usaha pedesaan di Bandung menjanjikan yang berpotensi mendatangkan banyak keuntungan.

Hampir semua jenis makanan yang beredar di kota berasal dari pedesaan. Daging sapi, ayam, kambing, dan berbagai jenis ikan semua bersumber dari desa. Nah, jika dikaji lebih dalam sebenarnya pedesaan lebih berpotensi menciptakan peluang usaha dibanding perkotaan. Intinya di pedesaan seseorang bisa beternak ayam, sapi, kambing, atau penyuplai jenis ikan-ikan segar. Yang harus diingat, untuk membuka usaha peternakan membutuhkan modal cukup besar. Misalnya untuk ternak ayam membutuhkan kandang yang luas dengan bahan baku yang lumayan banyak seperti bambu, kayu, atap asbes, belum lagi untuk pembelian makanan ayam dan vitamin setiap harinya. Jika ingin usaha beternak dengan modal terbatas, ternak burung kenari bisa jadi solusi.

Usaha Toko Bangunan dan Persewaan

Jika ingin membuka usaha yang lebih bonafid dibanding berkebun atau beternak, membuka usaha toko bangunan bisa menjadi solusi berikutnya. Selain tempat khusus, jenis usaha ini membutuhkan modal cukup besar untuk pengadaan produk seperti semen, pasir, batu-bata, besi dan alat-alat bangunan atau pertukangan. Satu hal lagi yang tak kalah penting, toko bangunan wajib memiliki kendaraan sebagai media angkut untuk mengantarkan barang kepada konsumen. Karena lokasinya di pedesaan, umumnya usaha toko bangunan tidak memiliki tingkat persaingan yang tinggi mengingat modal yang dibutuhkan cukup besar. Karena minimnya kompetitor, dengan sendirinya potensi mendatangkan income lebih besar sangat lerbuka lebar.

PELUANG USAHA BARU YG BAGUS DI KOTA BANDUNG Peluang Usaha di Pedesaan Bandung

Jasa persewaan termasuk peluang usaha di Bandung yang cukup banyak diminati. Jasa persewaan yang dimaksud tidak spesifik pada jenis produk tertentu. Dengan kata lain produk yang disewakan bisa berupa apa saja, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat setempat. Adapun usaha persewaan yang umumnya dibutuhkan masyarakat pedesaan adalah persewaan alat-alat pesta seperti sound system, terop, panggung, dekorasi, dan lain sebagainya. Lagi-lagi untuk usaha jasa persewaan ini membutuhkan modal cukup besar. Belum lagi biaya perbaikan yang umumnya relatif mahal apabila ada salah satu produk mengalami kerusakan.

Save