Rincian Persiapan Memulai Bisnis Online

Rincian Persiapan Memulai Bisnis Online, Bisnis onlie tidak memerlukan terlalu banyak perlengkapan dibandingkan bisnis konvensional. Banyak hal-hal yang dapat dilakukan secara online sehingga membutuhkan lebih sedikit dukungan perlengkapan. Sebuah toko online dapat berjalan tanpa harus menyewa ruang untuk berjualan, etalase, gudang yang besar, atau membayar karyawan untuk menjaganya. bahkan tidak perlu membayar uang keamanan, kebersihan, dan sejenisnya. Bukan berarti bisnis online dapat berjalan tanpa perlengkapan. Tetap ada serangkaian peralatan dan pelengkap pendukng lain.

Perlengkapan Yang Harus Di Siapkan

PELUANG USAHA BARU YG BAGUS DI KOTA BANDUNG Rincian Persiapan Memulai Bisnis Online

1. PRODUK ATAU JASA UNTUK DUVAL
Apapun jenis bisnis online yang kamu rencanakan, selalu harus punya pruduk atau jasa untuk ditawarkan. Bisa berupa produk jadi, bahan mentah,
perangkat keras, peranti lunak, jasa desain, jasa lonsultasi, dan sejenisnya. Intinya, kamu punya sesuatu yang dapat berguna bagi pihak lain,
dan pihak lain bersedia membayarnya.

2. KONEKSI INTERNET
Karena berjalan secara online, maka koneksi internet yang stabil menjadi syarat utama.Lakukan riset, provider internet apa yang paling setabil,
cepat, dan dapat di andalkan di area mu. Jaringan wi-fi unlimited sangat di rekomendasikan, sebab kamu akan perlu bandwidth besar untuk mendukung
bisnis. Siapkan pula koneksi cadangan seperti mobile modem atau jaringan seluler. Apabila ada gangguan pada jaringan utama, koneksi tetap tersedia.

3. KOMPUTER
Sediakan komputer desktop atau laptop sebagai alat oprasioal. Disinilah kamu akan menjalankan bisnismu, mulai dari menyiapkan rencana bisnis,proposal,
presentasi,riset, menentukukan desain web, blog, mencari informasi produk, pesaing, dan sebagainya. Pastikan komputermu cukup tangguh, dilindungi oleh
anti virus, dan selalu melakukan update berbagai program aplikasi. Karena ini merupakan alat oprasional utama, pilihlah komputer yang berkualitas baik,
Di dukung spesifikasi tertinggi. Jika anggaran memungkinkan, siapkan desktop dan laptop sekaligus, sebab kamu akan banyak bekerja online.

4. SMARTPHONE
Dengan smartphone kita akan berkomunikasi dengan banyak pihak, mulai dari rekan bisnis, mitra prospek, klien, pemasok produk, dan sebagainya. kenapa smartphone? sebab memungkinkan kita memakai semua media komunikasi. Email, pesan instan ( whatsapp,Blackberry messenger, telegram, line), telpon, sms, media sosial, hingga berbagai aplikasi mobile. Bahkan transaksipun bisa di jalankan di smartphne. Sebagai pebisnis online, kamu akan banyak bekerja secara online dan mobile. Pastikan kamu mempunyai smarphone yang didukung platporm fleksibel. Android dan iOS sangat disarankan.

5. REKENING DI BANK
Semua transaksi bisnis online dilakukan secara online pula. Tentu saja kamu sudah punya rekening di bank, tapi idealnya pisahkan anatara rekening pribadi dengan rekening bisnis. Bukalah beberapa rekening di bank-bank besar dengan reputasi baik. Sebagai awal, buat rekening di bank BCA, dan BNI, mengingat dua bank tersebut memiliki nasabah yang sangat banyak. Pertimbangkan juga memiliki kartu kredit, sebab mayoritas transaksi online mensyaratkan kartu kredit, misalnya untuk membeli aplikasi mobile atau membuka akun paypal.

PELUANG USAHA BARU YG BAGUS DI KOTA BANDUNG Rincian Persiapan Memulai Bisnis Online

6. PRINTER
Kendati dijalankan secara online, tetap diperlukan printer multifungsi. Printer yang digunakan sebagai mesin fotokopi dan scaner sekaligus sudah banyak tersedia dengan harga terjangkau. kamu memerlukan printer untuk mencetak sejumlah dokumen seperti tanda terima,invoice, faktur, bahkan kartu nama.

7. ALAT TULIS KANTOR
Sediakan semua alat tulis kantor selayaknya suatu perkantoran bisnis.

8. RUANG KERJA
Bekerja secara online dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, selama ada koneksi internet. Tapi tetap diperlukan ruangan khusus untuk saat-saat tertentu, seperti saat ketiks menyusun anggaran, menyiapkan rencana bisnis, persentasi dan banyak lagi. Ruang kerja sebaiknya sangat nyaman dan refresentatif, memungkinkan untuk di tempati beberapa orang.Sebab kamu akan perlu ruang yang tenang dimana tim kerja bisa saling berkolaborasi.

9. RUANG PENYIMPANAN
Jika kamu menjual produk, pastikan punya ruangan khusus untuk menyimpan stok barang. Hindari mencampur ruang penyimpanan dengan ruang kerja, agar suasana
kerja lebih kondusif.

10. PERALATAN PENDUKUNG

Pertimbangkan untuk mempunyai beberapa perlengkapan pendukung yang memperlancar bisnismu, terutama jika memang ada budget berlebih:
*KAMERA DSLR Dibutuhkan untuk membuat foto produk yang menarik. Kanera jenis ini dapat menghasilkan kualitas gambar lebih baik dibanding kamera pada smartphone. Kisaran harga kamera DSLR untuk pemula adalah 3-5 juta. Dapat di pertimbangkan untuk membeli kamera second atau menyewa.

Rumah, kantor, atau Co-Working Space?
Diatas sempat disinggung ruang kerja sebagai salah satu perlengkapan penting bagi bisnis online. Menyewa ruang kerja di perkantoran besar menjadi impian setiap pebisnis. Apalagi bisa dimodifikasi menjadi lingkungan kerja nyaman seperti kantor Google atau facebook. Sayang, tidak semua pebisnis pemula punya bujet untuk itu. Dapat dipertimbangkan beberapa opsi ruang kerja yang ekonomis ini:

a. RUMAH
Menyulap rumah menjadi ruang kerja yang nyaman, mengapa tidak? Dengan catatan, harus ada pembatas mana ruang dan mana ruang pribadi. Ini demi kenyamanan dan konsentrasi kerja yang lebih baik. Bisa memanfaatkan rumah salah satu pendiri bisnis, dan ini akan sangat menghemat anggaran.
Opsi lain, menyewa rumah khusus untuk di jadikan semacam small Office Home Office (SOHO) Pastikan beberapa hal ini:
* Beberapa di lingkungan aman, sebab kamu akan menyimpan banyak peralatan berharga.
* Berada dilingkungan nyaman dan menghargai privasi.
* Tidak jauh dari pusat bisnis (jasa ekspedisi, pasar swalayan, dan bank).
* Ada di jaringan internet dan seluler yang bagus.

Harga sewa rumah tergantung lokasi. Semakin dekat dengan kota besar, makin tinggi. Rumah yang nyaman dipinggiran jakarta ada di kisaran harga 25 sampai 35 juta per tahun.

b. RUKAN (RUMAH KANTOR)
Menyewa rumah kantor alias rukan dapat menjadi salah satu opsi. Beda dengan rumah biasa, rukan tergolong bangunan komersil, sehingga harga sewanya lebih mahal. Kelebihannya, rukan sudah ada lokasi strategis, berdekatan dengan pusat bisnis, keamanan serta kenyamanannya lebih terjamin. Ada security yang khusus menjaga kompleks rukan, dengan biaya bulanan ditanggung bersama penyewa lain. Harga sewa rukan di pinggiran jakarta ada dikisaran 40-60 juta per tahun.

c. (o-W0RKING SPACE
Inilah konsep kerja terbaru yang kini sedang tren di indonesi. Konsepnya, kita menyewa suatu ruang yang sudah di lengkapi fasilitas kerja, yaitu koneksi internet, printer, meja,kursi, bahkan ruang meeting. Penyewa cukup membawa laptop dan kebutuhan lainnya sendiri. Sistem sewanya bisa per jam, per hari, atau paket bulanan.

Sebagai contoh, code Margonda menawarkan sewa Rp.15.000 per 4 jam untuk member. Sewa perbulan Rp.660.000, dan pertahunnya Rp7,9 juta. Tentu ini jauh lebih murah dibanding menyewa rumah atau rukan. Kekurangannya, ruangan tidak selalu tersedia, karena kapasitasnya terbatas.

Baca Juga : Langkah Sukses Sebelum Memulai Bisnis Online