Peluang Usaha Batagor dan Siomay di Bandung

Peluang Usaha Batagor dan Siomay di Bandung

Usaha Batagor

Kata batagor sudah tidak asing lagi makanan ringan ini sudah populer di masyarakat indonesia. penjualnya tidak hanya warung khusus batagor tapi sudah merambah pasar pasar tradisional dan supermarket.

PELUANG USAHA BARU YG BAGUS DI KOTA BANDUNG Peluang Usaha Batagor dan Siomay di Bandung

Bisnis ini bisa kita raih dengan modal kecil. Batagor yang merupakan akronim dari bakso tahu goreng ternyata lahir dari ketidak sengajaan. Konon yang penemunya berasal dari bandung adalah penjual bakso keliling yang tidak laku masih banyak dan tidak laku jual.

Akhirnya bakso tersebut digoreng dengan tahu, pada awalnya bakso tersebut dibagikan kepada tetangga .namun tak disangka ternyata para tetangganya tersebut sangat menyukainya.bahkan ada tetangga ada yang minta dibuatkan.

Melihat antusiasme masyarakat tersebut akhirnya batagor mulai laris disajikan.ternyata permintaan banyak bahkan berdagang bakso tahu yang digoreng lebih laku dari berjualan bakso saja .akhirnya usahanya dikembangkan dengan menambahi aneka aroma dan rasa ikan disertai sambal khusus.

Usaha ini bisa dijalankan sambil keliling menggunakan gerobak atau cukup mangkal saja.lokasi yang berpotensi untuk menjalankan usaha ini adalah seperti dipinggir jalan atau daerah yang ramai.perlengkapan usaha ini antara lain gerobak atau etalase peralatan masak, kompor dan tabung gas panci, dandang wajan sutil dan peralatan makan.diperlukan juga meja ,kursi dan bebrapa peralatan pendukung lainya seperti kecap serta wadah saus.

Usaha batagor bisa dijalankan cukup dengan satu orang saja.namun,bila usaha ini berkembang barulah dapat merekrut tembahan tenaga untuk melancarkan usaha ini.

Faktor resiko usaha batagor antara lain persaingan kenaikan bahan baku dan rasa yang kurang lezat namun jangan khawatir kendala ini bisa ditanggulangi dengan cara berjualan dilokasi strategis yang belum banyak penjual makanan jenis ini .sedangkan untuk kenaikan bahan baku bisa disiasati dengan menjalin hubungan baik dengan supplier sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Cara Membuat Batagor
  2. Sediakan bahan baku sebagai berikut.

    • 100 gr daging ikan tengiri
    • 100 gr tepung tapioka atau tepung sagu
    • 5 lembar kulit pangsit
    • 5 buah tahu potong segitiga
    • 100 ml air es
    • 1 batang daun bawang isis halus

    Bumbu

    • 1 sdt garam
    • 2 sdt gula pasir
    • 1 siung bawang putih,parut halus

    Setelah semua bahan tersedia kemudian diolah.pertama haluskan daging ikan tengiri,air ,dan bumbu menggunakan blander.setelah itu tuangkan kedalam wadah tembahkan tepung tapioka lalu aduk hingga rata selanjutnya nadalah ambilah tahu yang t6elah dipotong dengan bentuk segitiga,keluarkan sebagian dari tengahnya kemudian masukan adonan.

    Kemudian setelah itu masukan pangsit dab diberi adonan secukupnya dibagian tengahnya lalu lipat hingga adonan itu terbungkus rapi.kedua goreng batagor dengan menggunakan minyak panas hingga matang barulah setelah itu taruh beberapa buah batagor dipiring datar potong-potong lalu siram dengan bumbu kacangyang sudah tersedia.

  3. Simulasi Usaha Batagor
  1. Investasi Awal
  2. gerobak Rp 1.500.000
    peralatan masak Rp 1.500.000
    peralatan makan Rp 200.000
    meja kursi Rp 400.000
    perlengkapan lain Rp 100.000
    Total Rp 3.600.000
  3. Biaya Operasional Perhari
  4. bahan baku Rp 300.000
    gas elpiji Rp 20.000
    lain lain Rp 70.000
    total Rp 390.000
  5. Penjualan
  6. Batagor (60 porsi x 8.000/ porsi) = Rp 480.000
  7. Pendapatan
  8. 		* jadi npendapat perhari
    		(Rp.480.000-Rp.390.000)=Rp.90.000
    		* jadi pendapatan salama sebulan adalah 
    		Rp.2.700.000
    	

Baca Juga : Usaha Membuat Parcel Untuk di Dagangkan di Minimarket

Usaha Siomay

Siomay hampir sama dengan batagor.siomay adalah salah satu bentuk jenis dimsum dalam bahasa mandarin,makanan yang memang berasal dari negeri tirai bambu ini disebut dengan shaomai.

Di Indonesia ada bermacam-macam siomai tergantung dari dagingnya mulai dari siomai ikan tengiri,ayam,udang kepting dan lain sebagainya bahkan siomay tidak lagi dibungkus dengan kulit dari tepung terigu aneka makanan lain seperti telur ayam dan sayuran seperti kentang, peria, dan kubis di hidangkan dalam satu piring bersama siomai. Siomai yang paling khas adalah siomai bandung di hidangkan dengan saus kacang tanah.

PELUANG USAHA BARU YG BAGUS DI KOTA BANDUNG Peluang Usaha Batagor dan Siomay di Bandung

Segala hal yang berkaitan dengan jenis usaha ini sejak dari analisis tempat, peralatan, promosi, harga (siomai lebih murah), dan perlengkapan lainnya.

  1. Cara Membuat Siomay
  2. Siapkanlah bahan-bahan berikut :

    • Pasta ikan 150 gram,
    • Pasta cumi-cumi 150 gram,
    • Pasta udang 150 gram,
    • Tepung kanji / tapioca 0,5 kg,
    • Tepung terigu 50 gram,
    • Telur 1 butir,
    • Minyak wijen 1 sendok teh,
    • Garam halus 1 sendok teh,
    • Bawang putih 1 siung,
    • Bawang merah 1 siung,
    • Daun bawang 2 batang,

    Setelah semua bahan-bahan terkumpul langkah selanjutnya adalah tahap pengolahan. Pertama, bawang putih, garam dan campurkan pasta ikan. Setelah itu , aduk telur, tepung tapioka, dan tepung terigu sampai merata.

    Tambahkan sedikit air panas agar adonan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Adonan di bentuk menjadi bola-bola kecil sebesar bola pingpong. Terakhir dikukus sekitar 30 menit.

  3. Simulasi Usaha Siomay
  4. Investasi
    Peralatan masak Rp 1.500.000
    Gerobak speda Rp 750.000
    Peralatan Rp 300.000
    Lain –lain Rp 50.000
    Jumlah Rp 2.600.000
    Biaya operasi per hari
    Bahan baku Rp 200.000
    Gas Rp 20.000
    Lain-lain Rp 50.000
    Jumlah Rp 270.000
    Penjualan
    Penjualan 50 porsi x Rp.7.000 Rp 350.000
    Laba
    Pendapatan perhari (Rp.350.000-Rp.270.00) Rp.80.000
    Pendapatan selama sebulan Rp.2.400.000