Peluang Usaha Custom Cincing Perak Swedia di Bandung

Peluang Usaha Custom Cincing Perak Swedia di Bandung – Seni kerajinan perak Kotagede muncul bersamaan dengan Kerajaan Islam pada abad ke-16.Pada masa pemerintahan Penambahan senopati, abad dalem kriya diperintahkan untuk membuat perhiasan dari emas dan perak.Pada masa pemerintahan Sultan Hemengku Buwono VIII,ia sangat terpakai dengan keindahan kerajinan logam ini,kemudian memerintahkan abdi dalem kriya untuk meneruskan dan mengembangkan seni kerajinan logam tersebut.

Modal Usaha Pengusaha Perak

PELUANG USAHA BARU YG BAGUS DI KOTA BANDUNG Peluang Usaha Custom Cincing Perak Swedia di Bandung

Salah satu tempat pengusaha terdapat di lokasi pengrajin perak dan hampir setiap sudut Kotagede,Yogyakarta,mulai dari pasar hingga Mesjid Agung dan bekas Istana Mataram Islam.Kerajinan perak Kotagede merupakan budaya turun menurun yang pada awalnya berupa kerajinan emas,perak,dan tembaga.Pada akhirnya,kerajinan perak lah yang berkembang.

Salah satu produk kerajinan perak asal Kotagede adalah “sweda.Pengrajinnya adalah tiga anak muda asli kota Yogyakarta; Taufik Hidayat,Syahrizal,dan Surya Aditya.Berawal dari kegelisahan dengan merosotnya kerajinan perak,mereka melakukan survei ke toko-toko yang sudah tersebar,kemudian mendatangi para pengrajin.Ternyata,bukan hanya kemerosotan,tetap juga tidak adanya anak muda asli Kotagede yang peduli dengan kerajinan khas tersebut.

Pada tahun 2013,mereka memutuskan untuk memulai usahanya dengan brand Sweda.Dengan melihat peluang,mereka memutuskan menerima custom cincin berbahan dasar perak.Cincin yang dihadirkan lain dari sebagian besar cincin perak.Mereka berinovasi dengan model dan gaya anak muda.Produksi pengerjaan masih manual,bermodalkan keterampilan tangan dan ketelitian.

Sasaran custom cincin perak ini bukan hanya pasar lokal,tetapi sudah mampu hingga keluar negeri, salah satunya Amerika, Meskipun sudah mampu memasarkan produknya hingga keluar negeri,ternyata produk swedia dijual tidak semata-mata untuk berbisnis.Mereka merasa perlu membudayakan dan mengembangkan kerajinan perak yang sudah menjadi ikon KOtagede.

Harga yang ditawarkan bervariasi,mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan,bahkan hingga ratusan dolar untuk pasar mancanegara.Biasanya,harga disesuaikan dengan kesulitan desain yang dikehendaki pembeli.

Pemesanan custom cincin perak sweda dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi laman Instagramnya @sweda-id.

Baca Juga : Peluang Usaha Batagor dan Siomay di Bandung

Analisis Hasil Usaha

Kawasan Kotagede telah berkembang pesat menjadi magnet tersendiri bagi kunjungan wisata domestik dan mancanegara di Yogyakarta.Selain memiliki nilai historis yang kental,Kotagede identik dengan kerajinan peraknya yang telah mendunia.

Perak Kotagede banyak diminati oleh turis manca negara. Turis memang menjadi tumpuan utama para perajin perak Kotagede karena dari mereka pula para pembeli asing berdatangan memborong produk perak Kotagede.Apalagi,minat masyarakat lokal terhadap perak masih minim.Masyarakat lebih tertarik dengan emas karena dinilai lebih bergengsi.Sejak dulu,pasar lokal hanya terbatas pada Bali dan Jakarta.Pasar lokal hanya memegang 20% penjualan produk.Sisanya,80%,dipegang oleh pasar ekspor dan turis asing yang datang ke Yogyakarta.

Langkah awal yang perlu dibenahi adalah mutu dan desain produk kerajinan perak itu sendiri.Mutu produk yang baik dan terjaga akan meningkatkan daya saing perak Kotagede dengan perak luar negeri.Kemudian,lebih lanjut dapat meningkatkan kepercayaan konsumen untuk memilih dan membeli produk perak Kotagede.

Selain itu,ajang promosi melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran baik lokal, nasional, maupun internasional serta promosi online akan membantu menggeliatkan kembali kejayaan industri perak.

Terakhir,ini merupakan hal yang terlihat simple tetapi berarti besar,yaitu kesadaran masyarakat untuk mencintai produksi dalam negeri,dalam hal ini perak Kotagede.

Simulasi Hasil Usaha

  • Perak 925 per gr = Rp 7.000,00
  • Gergaji dan lain-lainnya = Rp 700.000,00
  • Gerinda duduk = Rp 1.000.000,00

 Total Rp 1.707.000,00

Penjualan

  • 1 custom cincin per hari Rp 2.500.000,00

Keuntungan

  • 1 custom cincin per hari Rp 2.500.000,00 – Rp 1.707.000,00 = Rp 793.000,00

Demikian artikel tentang Peluang Usaha Custom Cincing Perak Swedia di Bandung semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan menambah inspirasi untuk membangun bisnis ini. Salam Sukses.